Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Singosari 

H. Sali Rochani, S.Pd, M.M.PdSyukur Alhamdulillah website   SMK  Negeri 1 Singosari semakin berkembang dan bermanfaat, khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik, wali murid, industri, perguruan tinggi serta masyarakat.   Menyadari bahwa tantangan yang dihadapi ke depan semakin tidak ringan, maka dalam konteks persaingan lokal, nasional, dan global, kami telah mencanangkan bahwa SMK Negeri 1 Singosari mengacu  pada Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang : MADEP MANTEB (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Aman, Tertib, Berdaya saing). Hal ini selaras dengan komitmen kami yang bertekad menjadikan SMKN 1 Singosari  sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang handal, unggul, terpercaya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang trampil, inovatif dan berkarakter maupun lingkungan yang bernuansa edukatif, kompetitif dan kekeluargaan dalam mengikuti perkembangan dunia kerja baik di kancah Nasional maupun Internasional. 

Pra LKS yang diadakan di SMKN 1 Purwosari membawa kabar yang menggembirakan. Pasalnya, ada empat siswa yang berhasil memperoleh kejuaraan di bidangnya. Keempat juara tersebut atas nama Dini Tarwiyanti juara 1 Plastic Die Engineering (Teknik Pemesinan), Ardiyansyah Budi Pratama juara 2 Wall and Floor Tilling  (Teknik Konstruksi Batu Beton), Ardiyansyah Dwi Nanta juara 1 Bricklaying (Teknik Batu Beton), dan Suci Handayani juara 2 CNC (Teknik Instalasi Tenaga Listrik).

Ajang pengumpulan para jawara SMK tersebut bertujuan untuk proses penyaringan yang nantinya akan diadu kembali saat LKS di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional . Ada 35 bidang yang diadu saat pra LKS tersebut, diantaranya, autobody repair, CNC Turning, Mobile Robotics, Mechatrobics, information technology, post harvest tech, agronomy, automobile tech, landscaping and gardening, welding, CNC milling, Plumbing and heating, refrigerstion and air condition, restaurant servise, hotel accommodation, accounting and bidang lainnya. Proses penyaringan yang selektif tersebut, pada akhirnya akan menciptakan beberapa sekolah Inovatif yang mampu berkompetensi sesuai mangsa pasar industri.

Dibalik kesuksesan siswa tersebut, tidak lepas dari dukungan Bapak Ibu guru yang telah membimbing siswa-siswinya menuju ajang bergengsi. Ditambah lagi kerja keras siswa dalam berlatih juga mempengaruhi kemenangan siswa. Bukan hanya siswa dan guru saja yang berjuang, melainkan kekuatan doa fatihah yang ditujukan untuk seluruh siswa dan warga sekolah juga menjadi sumber kekuatan untuk menjadi jawara.