Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Singosari 

Syukur Alhamdulillah website   SMK  Negeri 1 Singosari semakin berkembang dan bermanfaat, khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik, wali murid, industri, perguruan tinggi serta masyarakat.   Menyadari bahwa tantangan yang dihadapi ke depan semakin tidak ringan, maka dalam konteks persaingan lokal, nasional, dan global, kami telah mencanangkan bahwa SMK Negeri 1 Singosari mengacu  pada Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang : MADEP MANTEB (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Aman, Tertib, Berdaya saing). Hal ini selaras dengan komitmen kami yang bertekad menjadikan SMKN 1 Singosari  sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang handal, unggul, terpercaya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang trampil, inovatif dan berkarakter maupun lingkungan yang bernuansa edukatif, kompetitif dan kekeluargaan dalam mengikuti perkembangan dunia kerja baik di kancah Nasional maupun Internasional. 

Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) bapak Muhajir Effendi berkunjung ke SMKN 1 Singosari Selasa (06/03) kemarin untuk meninjau pelaksanaan UNBK jenjang SMK, sekaligus mengunjungi fasilitas bengkel dan kelas yang ada di sekolah.

Di tengah aksi peninjauan bengkel tersebut terjadi karena baliau tertarik dengan papan yang bertuliskan teknik alat berat bekerja sama dengan PT Trakindo Utama. Ketertarikan tersebut berdasarkan hubungan kerja sama antara sekolah dan perusahaan yang merupakan salah satu bentuk implementasi Inpres No. 9 tentang revitalisasi smk dalam rangka meningkatkan kualitas dan sumberdaya manusia Indonesia.

Wujud implementasi Inpres itu dapat dilihat dalam naskah MOU PT. Trakindo Utama dengan SMK Negeri 1 Singosari yang bermula di tahun 1996 sampai sekarang dan diterjemahkan dalam program sinkronisasi kurikulum, bantuan peralatan, sarana prasarana, peningkatan standar Caterpillar, guru tamu sampai bantuan beasiswa bagi peserta didik yang memenuhi kreteria, sehingga Bapak Menteri Pendidikan sangat mendukung program kerja sama tersebut, bukan hanya itu beliau juga ingin bertemu dengan pihak PT Trakindo untuk mengetahui hubungan kerjasama yang telah terjadi mulai dulu hingga saat ini.

Setelah berkunjung ke bengkel dan beberapa kelas, dan memantau pelaksanaan UNBK, Bapak Muhajir juga sempat menikmati makan siang bersama dengan kepala sekolah, beberapa wakil kepala sekolah, dan juga kepala program jurusan. Harapannya beliau, dari hasil tinjauan bersama, pelaksanaan UNBK yang berada di SMKN 1 Singosari bisa berjalan lancar sampai hari akhir ujian, serta kualitas sekolah tiap tahunnya tetap maju.