Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Singosari 

Syukur Alhamdulillah website   SMK  Negeri 1 Singosari semakin berkembang dan bermanfaat, khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik, wali murid, industri, perguruan tinggi serta masyarakat.   Menyadari bahwa tantangan yang dihadapi ke depan semakin tidak ringan, maka dalam konteks persaingan lokal, nasional, dan global, kami telah mencanangkan bahwa SMK Negeri 1 Singosari mengacu  pada Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang : MADEP MANTEB (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Aman, Tertib, Berdaya saing). Hal ini selaras dengan komitmen kami yang bertekad menjadikan SMKN 1 Singosari  sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang handal, unggul, terpercaya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang trampil, inovatif dan berkarakter maupun lingkungan yang bernuansa edukatif, kompetitif dan kekeluargaan dalam mengikuti perkembangan dunia kerja baik di kancah Nasional maupun Internasional. 

Jika jurusan lain UKK diselenggarakan dengan waktu yang sama, berbeda dengan UKK jurusan Alat Berat SMKN 1 Singosari yang dilaksakan dua jenis yakni kelas regular (15-22/04) sedangkan kelas cooperation PT Trakindo Utama Surabaya dilaksanaka (15-30/04) di Surabaya. Alasan mengapa kelas cooperation PT Trakindo jauh lebih lama ketimbang kelas regular, karena siswa yang tergabung dalam kelas COOP akan diuji sehari dua anak, sehingga penilaiannya sangat intensif dan detail.

UKK tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, ada sekolah lain yang bekerja sama untuk melaksakan UKK bersama dengan siswa SMKN 1 Singosari, yakni berasal dari SMK Profesor Suryono, Karangkates Kab. Malang.

Sebelum diselengarakan UKK pihak jurusan alat berat memberikan waktu seminggu sebelum pelaksanaan UKK untuk belajar dan berlatih, tujuannya saat UKK nanti semua siswa dapat lulus dengan nilai yang diharapkan. Ada dua jenis soal yang diujikan saat UKK yakni meliputi Preventive Maintenance 250 Jam dan disassembly assembly. Sistem penilaian yang digunakan yakni menguji skill, pengetahuan, dan wawancara.

Tim Penguji UKK dibagi menjadi dua yakni penguji internal yang berasal dari guru alat berat (Bu Sri, Pak Arsan, Pak Setiawan, Pak Sunawi, Pak Djuliadi), eksternal dari PT Tralkindo yakni Pak Mega, dan Indotraktor Utama yakni Bapak Muhammad Thoufur