Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Singosari 

Syukur Alhamdulillah website   SMK  Negeri 1 Singosari semakin berkembang dan bermanfaat, khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik, wali murid, industri, perguruan tinggi serta masyarakat.   Menyadari bahwa tantangan yang dihadapi ke depan semakin tidak ringan, maka dalam konteks persaingan lokal, nasional, dan global, kami telah mencanangkan bahwa SMK Negeri 1 Singosari mengacu  pada Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang : MADEP MANTEB (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Aman, Tertib, Berdaya saing). Hal ini selaras dengan komitmen kami yang bertekad menjadikan SMKN 1 Singosari  sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang handal, unggul, terpercaya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang trampil, inovatif dan berkarakter maupun lingkungan yang bernuansa edukatif, kompetitif dan kekeluargaan dalam mengikuti perkembangan dunia kerja baik di kancah Nasional maupun Internasional. 

Salah satu program dari PT Trakindo dalam membina karakter siswa adalah dengan membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, yang bernama SINPRO (Simulasi Program). Kali ini sinpro bekerja sama dengan proyek kelas bahasa Indonesia yang digalakkan guru Bahasa Indonesia, yakni Bu Annisa Ariyani.

Kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu mengaplikasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat berada di luar kelas atau saat bermasyarakat. Bukan hanya itu, kegiatan ini mampu melatih empati siswa dalam hal kepedulian sosial.

Adapun kegiatan sipro yang telah dilaksanakan Selasa (8/5) di Panti Asuhan Insan Kamil, Singosari ini diikuti oleh 24 siswa kelas X Teknik Alat Berat 3 dengan kolaborasi dengan kakak kelas mereka kelas XI Teknik Alat Berat 3 juga. Adapun susunan kegiatan yang telah terlaksana kemarin yakni perkenalan jurusan teknik alat berat kelas cooperation dengan PT Trakindo, kolase, bermain tebak musik, dan berbuka bersama dengan anak panti, dan terakhir ditutup dengan doa dan refleksi kegiatan.

Hal yang paling berkesan lainnya yang mereka bagikan yakni tentang motivasi sekolah, masa depan dan tujuan hidup. Kegiatan ini berawal dari jam 03.15 dan berakhir hingga pukul 18.25. Para anak-anak panti merasa senang dan terhibur dengan kedatangan siswa SMKN 1 Singosari yang telah mau berbagi dan menginspiras ke anak-anak panti asuhan insan kamil.