Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Singosari 

Syukur Alhamdulillah website   SMK  Negeri 1 Singosari semakin berkembang dan bermanfaat, khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik, wali murid, industri, perguruan tinggi serta masyarakat.   Menyadari bahwa tantangan yang dihadapi ke depan semakin tidak ringan, maka dalam konteks persaingan lokal, nasional, dan global, kami telah mencanangkan bahwa SMK Negeri 1 Singosari mengacu  pada Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang : MADEP MANTEB (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Aman, Tertib, Berdaya saing). Hal ini selaras dengan komitmen kami yang bertekad menjadikan SMKN 1 Singosari  sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang handal, unggul, terpercaya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang trampil, inovatif dan berkarakter maupun lingkungan yang bernuansa edukatif, kompetitif dan kekeluargaan dalam mengikuti perkembangan dunia kerja baik di kancah Nasional maupun Internasional. 

Salah satu bentuk pengenalan sekolah ke siswa baru adalah dengan mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang dilaksanakan seminggu (14-19/7) sebelum kegiatan pembelajaran di kelas. Selama seminggu kegiatan MPLS dilaksanakan di lapangan dan aula depan sekolah SMKN 1 Singosari.

Adapun serangkaian lima kegiatan yang dilaksanakan jam 06.30 pagi, pertama di hari senin anak-anak dibekali dengan latihan baris barbaris, motivasi spiritual. Hari selasa, anak-anak diperkenalkan tentang bengkel dan ekskul. Hari rabu, sosialisasi perpustakaan dan sarana prasarana sekolah. Hari Kamis pengenalan tata tertib sekolah, sosialisasi narkoba oleh BNN dan polisi,  DU/DI. Hari Jumat, pengenalan mapel adaptif normative, dan permainan serta penampilan dari peserta MPLS.

                Dari kelima hari serangkaian MPLS tersebut, diharapkan siswa baru SMKN 1 Singosari mampu membangun karakter cerdas, peduli, kreatif dan spiritual, baik dari segi sikap maupun nilai akademik di kelas. Dengan begitu, siswa-siswi SMKN 1 Singosari menjadi siswa percontohan bagi sekolah lain.