BKK merupakan cikal bakal dari Kelas Industri. Maka SMKN 1 Singosari akan mensosialisasikan dan mengkomunikasikan program pengembangan BKK kepada BKK SMK wilayah Jawa Timur dalam rangka mencari peluang untuk penjaringan industri baru bagi seluruh anggota FBKK SMK Jawa Timur sehingga menambah link industri yang sesuai dengan jurusan dari asal SMK masing-masing dari seluruh Jawa Timur.

Sebagai salah satu ketua umum Forum BKK di wilayah Jawa Timur, SMK Negeri 1 Singosari mengadakan Program Link and Match bersama industri dan SMK aliansi, dengan agenda "Bimtek Pelaporan Penempatan Tenaga Kerja di BKK dan penandatanganan MoU Industri (24-25/09) di Hotel Selecta Kota Batu Malang. Tujuan Pelaksanaan Penandatanganan MoU Industri Dan Bimtek Pelaporan Penempatan Tenaga Kerja di BKK Sekolah ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengkomunikasikan program pengembangan BKK kepada BKK SMK wilayah Jawa Timur dalam rangka mencari peluang untuk penjaringan industri baru bagi seluruh anggota FBKK SMK Jawa Timur sehingga menambah link industri yang sesuai dengan jurusan dari asal SMK masing-masing dari seluruh Jawa Timur.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh sulitnya pendataan keterserapan lulusan peserta didik, sehingga SMKN 1 Singosaris selaku ketua Forum BKK berkenan mengordinir SMK-SMK khususnya di wilayah Jawa Timur melalui koordinatorwilayah di kabupaten Kota tingkat Jawa Timur untuk mengembangkan database tenaga kerja lulusan SMK. Kegiatan Penandatanganan MoU Industri Dan Bimtek Pelaporan Penempatan Tenaga Kerja di BKK Sekolah ini dilaksanakan oleh SMKN 1 Singosari merupakan salah satu tahapan strategis untuk meningkatkan link Industri bagi BKK sekolah.

Acara ini dihadiri 70 peserta, yang terdiri dari 38 orang dari koordinator wilayah, dengan 10 narasumber dan industri, dan koordinator BKK yang aktif di FBKK SMK Jatim 12 orang. Acara yang dimulai pukul 12.00 ini menyedot antusias dari para peserta. Alasannya, kegiatan ini mempunyai output untuk mengembangkan program BKK sekolah, keseragaman format database keterserapan peserta didik, dan peningkatan kerjasama SMK dengan industri melalui peandatanganan MoU.