Menindaklanjuti INPRES No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, Kompetensi Keahlian Teknik Alat Beratmengadakan kegiatanEngagement Program, dimana kegiatan ini bertujuan memperdalam kerjasama dengan industri dengan menghadirkan peserta didik kelas X (kelas Coop PT Trakindo Utama) beserta wali muridnya,

Acara yang berlangsung hikmat ini,selain dibuka oleh Kepala SMKN 1 Singosari acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Akhwaldi Aziz Chan sebagai Manager Area PT Trakindo Utama Wilayah Pulau Jawa dan Indonesia Timur.

Acara yang kedua dilanjutkan dengan Memorandum of Understanding (MOU) antara SMKN 1 Singosari dengan PT Trakindo Utama dengan disaksikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang.Dalam sambutannya Bapak H. Sali Rochani mengatakan program SMKN 1 Singosari menitikberatkan pada keunggulan pembinaan karakter selain kemampuan akademis (pengetahuan dan keterampilan) yang telah diterima dibangku sekolah, lebih lanjut dikatakan bahwa program ini menjadi pendukung utama keterserapan lulusan yang bekerja di industri besar ditanah air. Terbinanya karakter yang baik di lakukan dengan kegiatan sederhana namun penuh makna dengan melakukan sholat jamaah pada saat ishoma, budaya bersih dan peduli lingkungan pada hari jumat dan pendekatan keagamaan yang dimulai dengan kegiatan sholat dhuha secara bersama.

Pendidikan berbasis kharakter inilah menjadi dasar terbinanya kerjasama dengan PT Trakindo yang dimulai pada tahun 2006 sampai sekarang. Dengan durasi kerjasama yang sudah lama iniSMKN 1 Singosari menjadi salah satu dari 9 SMK Coop se Indonesia yang sudah bekerjasama dengan PT Trakindo.Kerjasama ini secara periodik dilakukan evaluasi mulai dari pengembangan kurikulum, peningkatan kinerja tenaga pendidik, peserta didik, hingga sarana dan prasarana.Dengan evaluasi yang sudah dilaksanakan tahun ini, Kompetensi Teknik Alat Berat mendapat Predikat Terbaikseluruh Indosesia dan berhak mendapatkan bintang 3 (tiga) versi CSR PT Trakindo Utama. Dengan hasil ini semakin mendongkrak nama baik SMKN 1 Singosari dikancah nasional,

Senada dengan Bapak Aldi begitu sapaan beliau, disela-sela sambutannya beliau merasa bangga bisa kerjasama dengan SMKN 1 Singosari karena SMKN 1 Singosari dinilai amanah dalam menjalankan poin-poin dalam kerjasama sebelumnya. Ada istilah menarik yang disampaikan beliau yang dikutip dari perkataan Pak Hammami sebagai Owneer dan pendiri PT Trakindo “Knowledge is important, but charater is more” dengan begitu betapa pentingnya sikap dan kharakter yang baik demi menjaga marwah yang sudah terbentuk di SMKN 1 Singosari.

Selanjutnya beliau mengatakan kunci sukses di dunia kerja adalah “anda harus memiliki sikap progresif dalam bekerja, modal utama dalam bekerja adalah pengembangan core value yang terinci dalam muatan sikap (Integrity, Continous development, proaktif, accontability, serta team work) dengan dasar modal nilai inti inilah anda akan diiringi dengan kesuksesan yang luar biasa” sambung Bapak Aldi.

Selanjutnnya proses MOU ini disambung dengan sambutan Kepala Cabang Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, beliau mengatakan: “Sekolah terutama SMK harus memiliki ciri khas masing-masing dalam melaksanakan pendidikan, ciri khas ini harus dimaknai secara positif,baik secara akademis maupun pengembangan bakat minat”. SMKN 1 Singosari yang sudah lama berdiri diharapkan mampu mencetak insan pendidikan yang berakhlak mulia jago dalam akademis, terampil dalam bekerja, santun dalam berbuat. Selanjutnya ketiga tokoh diatas melakukan penandatangan MOU untuk 3 tahun mendatang disaksikan oleh wali murid dan semua managemen sekolah dengan harapan dapat mengembangkan moto Mendidik, Mengajar, dan Menghantar.

DTP/Kur