7 Agustus 2017 merupakan hari istimewa bagi SMKN 1 Singosari terutama kompetensi Teknik Pengelasan. Kerjasama yang telah dibina sebelumnya, sudah menghasilkan peserta didik kelas X yang telah di seleksi melalui PPDB oleh tim HRD PT INKA. Agenda selanjutnya adalah peserta didik kelas X ini mendapat bekal ilmu langsung dari ahlinya,

Pemberian materi ini dikemas dengan model kuliah tamu dengan mendatangkan 2 tenaga ahli masing-masing sebagai Manager HRD dan Instrukstur Senior di bidang Pengelasan. 

Pertemuan pertama ini berkisar tentang informasi pengenalan teknologi pengelasan dan apilkasinya pada industri Perkereta apian dan akan disambung lagi pada 5 pertemuan berikutnya dengan tema kuliah tamu yang sudah ditentukan secara berjenjang dengan pembagian materi (4 pertemuan teori dan 2 pertemuan praktek). Dalam pertemuan yang berdurasi 90 menit ini Pak Agus biasa disapa menyampaikan materi tentang prinsip kerja, jenis proses, dan posisi pengelasan.

Pak Agus yang sehari-hari bekerja di INKA ini merupakan instruktur senior di bidang pengelasan yang sudah banyak makan asam garam dalam industri manufaktur terutama di bidang pengelasan menyampaikan motovasinya kepada peserta didik Kompetensi Teknik Pengelasan bahwa “setelah kalian lulus dari SMK silahkan bekerja keras dalam belajar dan bekerja serta harus mendapatkan sertifikat pengelasan karena dengan sertifikat terstandar anda bisa kerja dimana saja termasuk di luar negeri”.

Senada dengan yang disampaikan pak Sugiyanto biasa disapa, beliau menyampaikan Bahwa industri perkereta apian sudah berkembang pesat, dibuktikan dengan melimpahnya pesanan dari negara di asia dan afrika yang dikerjakan semuanya di PT INKA mulai dari pengecoran logam sampai perakitan lokomotif dan gerbong dengan demikian peluang untuk menjadi tenaga kerja di PT INKA kian terbuka lebar, tandasnya. Bapak paruh baya yang keseharian menjadi manager HRD PT INKA ini menginginkan bahwa nantinya yang mengisi dislot karyawan PT INKA mayoritas berasal dari alumni SMKN 1 Singosari. DTP/Kur