Singosari, Jum’at (04/05/18)  SMK Negeri 1 Singosari mengadakan kegiatan Survei Awal Program Gizi untuk Prestasi pada siswa/i SMA di Kabupaten Malang, yang diselenggarakan oleh SEAMEO Regional Center for Food and Nutrition.

SEAMEO RECFON sebagai pusat regional pangan dan gizi di Asia Tenggara mengemban mandat untuk berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi masyarakat di Asia Tenggara sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat dengan status gizi yang baik. Melalui program gizi untuk Prestasi, SEAMEO RECFON memfokuskan kegiatanya pada anak usia sekolah ( mulai tingkat Sekolah Dasar hingga sekolah Menengah Umum dan sederajat). Anak usia sekolah merupakan target promosi praktek gizi yang sangat penting mengingat menumbuhkan kebiasaan  baik harus dimulai sejak dini. Harapanya, kebiasaan inidapat terus dimiliki saat dewasa nanti. Selain itu, kebiasaan baik pada anak juga diharapkan para siswa akan mempunyai status gizi yang baik dan sehat, sehingga pada akhirnya dapat mencapai prestasi yang optimal.

Hal-hal yang dijalani siswa pada saat penelitian :

  1. Menandatangani lembar persetujuan
  2. Akan diwawancara disekolah mengenai kondisi sosio demografi dan ekonomi keluarga, pengetahuan terkait gizi dan kesehatan, kebiasaan makan dan aktifitas fisiknya
  3. Akan melukan tes ketahanan tubuh dan tes kognitif, serta pengukuran status gizi (berat badan dan tinggi badan)
  4. Akan diukur kadar hemoglobin darahnya dengan cara mengambil satu tetes darah dari ujung jari.

Penelitian tersebut dapat memberikan informasi status gizi, kebugaran dan kemampuan kognitif siswa sbagai kontribusi  dalam upaya meningkatkan status gizi dan kesehatan remaja usia sekolah di Kabupaten Malang, Jawa Timur.