Singosari, Kamis (09/06/2016) Dalam mengisi bulan Ramadhan, seperti biasanya SMK Negeri 1 Singosari selalu mengadakan program kegiatan yang sifatnya keagamaan yang terkait dengan bulan Puasa oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME di bulan Ramadhan disusun beberapa kegiatan,

semisal pondok pesantren kilat, pengumpulan zakat fitrah dan sebagainya. Bulan ramadhan biasanya dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu keagamaan utamanya buat anak-anak agar memiliki landasan iman yang kuat saat mereka tumbuh menjadi dewasa kelak. Begitu juga pihak sekolah akan memanfaatkan moment setahun sekali ini dengan mengadakan pesantren kilat yang sering kita kenal dengan istilah pondok ramadhan.

Dengan demikian istilah Pondok Ramadhan mengandung arti suatu rangkaian kegiatan pembelajaran agama secara totalitas (adanya penginapan/pemondokan selama satu hari atau lebih) yang dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan dalam rangka mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi generasi yang memiliki kedalaman spiritual dan berkepribadian Islami yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :

1. Mampu menumbuhkan kecintaan siswa terhadap bulan ramadhan, sehingga siswa tidak merasa berat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya pada bulan ramadhan.
2. Meningkatkan ketaqwaan, kemandirian dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar.
3. Menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan pembelajaran keagamaan secara praktis.

N/OS/16

Joomla templates by JoomlaShine

2015 @ SMK Negeri 1 Singosari