Singosari, Sabtu (03/02/18) Peserta didik SMK Negeri 1 Singosari Malang, dididik untuk menguasai dan menerapkan dasar-dasar survey dan pemetaan serta teknologi system informasi special beserta berbagai aplikasi praktisnya. Peserta didik dibimbing agar bisa menggunakan peralatan dan teknologi mutakhir dalam pekerjaan survey dan pemetaan serta teknologi informasi spesial.

Mereka juga diarahkan untuk memiliki kompetensi dalam mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan persoalan-persoalan pada lingkup survey dan pemetaan serta mempunyai wawasan kewirausahaan dan mampu berinovasi pada proses system kerja.

Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Singosari mengutamakan input peserta didik laki-laki, karena kedepanya baik perekrutan perusahaan maupun Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) banyak dibutuhkan tenaga laki-laki sebagai Surveyor dilapangan ( Pengukuran jalan/luas tanah ).

Dalam perkembanganya, alumni Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Singosari banyak dibutuhkan perusahaan Surveyor dan BPN ( Badan Pertanahan Nasional ). Perusahaan Surveyor yang sudah bekerjasama antara lain :

  1. Bata Terra Surveibima
  2. Bintang Persada
  3. Geopav Engineering
  4. PP Pandaan
  5. Mandiri Geotools
  6. Total Persada Surabaya
  7. Surveyor Kadaster KJSKB
  8. Hirfi Studio

Jurusan Geomatika SMK Negeri 1 Singosari, menerima jasa Pengukuran Lahan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa. Sarana alat pengukuran telah tersedia, dalam proses pelaksanaanya guru sebagai Surveyor dan siswa sebagai pembantunya/Helper.

Alat-alat yang dipunyai adalah :

  1. Drone
  2. JPS Geodetic
  3. Theodhalite Manual
  4. Theodhalite total station
  5. PPD ( Pesawat Penyipat Datar )