Salah satu perusahaan tambang terbesar kedua di Indonesia adalah PT BUMA (Bukit Makmur Mandiri Utama). Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998 ini mempunyai sekitar 10.066 karyawan dan 1851 unit alat berat berbagai merk berkualitas, seperti komatsu, caterpillar, hitachi, Volvo,  dan scania, dan Mercedes. Buma memiliki kantor cabang di Balikpapan, Kalimantan Selatan, dan Tanjung Redeb, serta di Kalimantan Timur. merupakan salah satu perusahaan terbesar pada jasa penambangan batu bara.

Singosari, Sabtu (4/8/2018). Menindaklanjuti implemantasi pelaksanaan INPRES No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, SMK Negeri 1 Singosari mengadakan kerjasama dengan lembaga Pendidikan level Perguruan Tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Bentuk kerja sama tersebut berupa pemberian pelatihan Basic Pneumatic And Hidrolic oleh Bapak Dosen Hendro Nurhadi, Dipl.,-Ing.,Ph.D bagi guru produktif (TITL, TOI, TMI, dan TAB).

Singosari, Kamis (19/7/2018) Sebanyak 213 siswa kelas dua belas dari berbagai jurusan mengikuti tes BUMA di ruang Aula SMK Negeri 1 Singosari, . Tes yang berlangsung selama 2 jam tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pagi dan juga siang.  Tes dari PT BUMA ini merupakan program dari BUMA School.

Singosari , Rabu (8/07/2018) Sebanyak 50 siswa dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan mengikuti tes keterampilan soft skill competition Fuso 2018 di ruang auditorium SMK Negeri 1 Singosari. Dalam pelaksanaannya tes teori ini nantinya akan diambil 4 orang dengan nilai tertinggi untuk lolos pada tahap seleksi berikutnya.

Terik pagi hari tidak mengurangi semangat para siswa baru dalam menimba ilmu di sekolah baru mereka, yakni SMK Negeri 1Singosari. Mereka datang dengan berbagai wilayah di beberapa daerah di malang hingga Jawa Timur. Upacara Apel pagi penyambutan siswa baru disambut dengan hangat oleh Bapak Sali Rochani selaku kepala sekolah di lapangan sekolah, Senin (16/07/2018).

Singosari, Senin-selasa, (3-4/7/2018). Suara langkah kaki tampak bergemuruh, saling beradu tanpa mengadu menuju ke ruang auditorium SMKN 1 Singosari untuk melaksanakan workshop penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Para guru tampak bersemangat untuk menyusun serangkaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama satu tahun ke depan.