Singosari (12/7/2018) Sejalan dengan perkembangan zaman, tugas dan data administrasi sekolah baik guru maupun siswa tidak lagi ditulis dan disimpan di dalam lemari, melainkan dapat diakses melalui aplikasi GFE (GSuite for Education) yang dipaparkan oleh BapaK R. Budi Purnomo dalam Workshop GFE di ruang auditorium SMKN 1 Singosari.

GFE (GSuite for Education) adalah paket aplikasi produktivitas yang Google tawarkan ke sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan secara GRATIS. Komunikasi dan kolaborasi aplikasi ini termasuk Gmail, Calendar, Drive, Docs dan Sites, dan akun Gmail dapat membuka akses ke puluhan tools kolaboratif lain yang didukung oleh Google. Semua aplikasi ini online (cloud platform), yang berarti bahwa semua file dapat diakses dari perangkat apapun asalkan tersambung dengan koneksi internet. Setelah sekolah memutuskan untuk menggunakan G Suite for Education, mereka dapat mendaftarkan domain sekolah mereka (alamat web), dan mengelola semua akun guru dan siswa dari dashboard administrasi GFE.

Menurut Bapak Budi ada 5 keunggulan yang didapat jika sekolah mau menerapkan / menggunakan aplikasi GFE ini. Pertama, gratis. Aplikasi ini gratis dengan 24/7 support dari Google tanpa iklan, sehingga memudahkan dalam proses pengerjaan. Kedua, mudah berkolabirasi. File dapat dengan mudah tersimpan dan dibagi di penyimpanan yang tidak akan hilang. Ketiga, dapat digunakan oleh semua perangkat, baik laptop maupun hp. Keempat, kolaborasi dengan Docs, membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen dengan mudah, dan mampu menyimpan setiap perubahan secara otomatis. Kelima,  mengorganisasi Classroom. Hal ini memudahkan guru dalam membuat, membagi, dan menilai tugas dengan mudah, sehingga pembelajaran tidak lagi monoton dengan mencatat dan melihat ke papan, melainkan pembelajaran menjadi efektif dan lebih terarahkan.

Selain itu, cara pembuatannya tidaklah sulit. Cukup dengan memiliki akun Gmail, Anda dapat mengakses dengan mudah, sehingga tak perlu lagi flasdisk untuk mengirim data, cukup akun gmail dan koneksi internet maka data atau file yang Anda inginkan bisa terkumpul menjadi satu. Acara yang berlangsung selama 5 jam ini mendapat sambutan yang baik dari kalangan guru maupun kepala sekolah. “Workshop teknologi seperti ini sangat penting untuk para guru di sekolah agar memudahkan dalam proses pembelajaran di kelas” tutur Bu Sofia selaku peserta workshop.