Singosari Senin (2/7/2018) SMK Negeri 1 Singosari mendapat kunjungi dari SMK Negeri 2 Kendari untuk melakukan studi banding di bumi Stema. Kunjungan yang berlangsung mulai pagi hingga siang ini mendapat sambutan positif dari Bapak Sali Rochani selaku kepala sekolah SMKN 1 Singosari. Tak hanya kepala sekolah yang menyambut dengan hangat kedatangan sekolah dari kota yang terkenal dengan wisata pulau Wakatobi. Melainkan para staf dan guru juga menyambut kedatangan mereka dengan baik. 

Menurut Bapak Sali Rochani, kunjungan ini adalah sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar sekolah SMK se-Indonesia agar mampu meningkatkan kualitas sekolah SMK menjadi sekolah rujukan dan kebanggan masyarakat. Selain itu, kepala sekolah juga menyampaikan rahasia dibalik kesuksesan SMK Negeri 1 Singosari yang semakin banyak diminati baik Industri maupun masyarakat.

Rahasia kesuksesan itu terletak pada doa dan pembinaan karakter siswa. Hampir  setiap hari 15 menit sebelum pembelajarn berlangsung, doa alfatihah dikirimkan untuk nabi, guru, dan warga sekolah dan beberapa doa pendukung lainnya. Meski hanya doa alfatihah, namun manfaatnya sangat besar bagi kemajuan sekolah. Selain doa, budaya 5S juga selalu ditanamkan oleh warga sekolah.

Kelak tips kesuksesan tersebut akan diterapkan oleh SMKN 2 Kendari sebagai proses kemajuan sekolahnya, tutur Bapak Muhammad Syarif Gamoro selaku kepala sekolah. Selain itu, beliau merasa senang dapat berkunjung di sini, sebab SMKN 1 Singosari merupakan sekolah yang mengalami perkembangan kemajuan selama 10 tahun terakhir.