Singosari, Senin-selasa, (3-4/7/2018). Suara langkah kaki tampak bergemuruh, saling beradu tanpa mengadu menuju ke ruang auditorium SMKN 1 Singosari untuk melaksanakan workshop penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Para guru tampak bersemangat untuk menyusun serangkaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama satu tahun ke depan.

Kegiatan yang berawal dari sambutan Bapak Sali Rochani selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 ini mendapat antusias dan semangat baru para guru dalam penyusunan RPP. Dalam sambutanya, beliau mengatakan bahwa sekolah akan  mendukung pengembangan kualitas karir guru, agar ke depan sekolah mampu mencetak siswa yang berkualitas dan berkarakter.

Bukan hanya itu, Bapak Kepala Sekolah juga mengingatkan kepada seluruh guru untuk ikhlas dalam menyedekahkan ilmu dan juga harta. Sebab, sedekah itu ibarat fondasi dan guru adalah bangunannya, jika guru gemar bersedekah maka sekolah akan kokoh dan maju. Hal tersebut telah dilakukan dan dibuktikan oleh Bapak Kepala Sekolah beserta warga sekolah saat pelaksanaan sedekah jumat yang berupa makanan ringan dan minuman untuk jamaah seusai shalat jumat.

Seusai sambutan Kepala Sekolah, kegiatan berlanjut pada pengenalan guru baru yakni Bu Chusnul Khotimah (guru bahasa Indonesia), Pak Aditrisula (guru agama Katolik), dan Pak Madya Purwayuda (guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga), dan pemberian sambutan dan materi oleh wakil kepala Kurikulum, Pak Doni Tri Prasetyo. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa kualitas pembelajaran di kelas bukan hanya bergantung pada kualitas siswa, melainkan juga komunikasi/interaksi antara guru, orang tua dan pihak sekolah, sehingga kemajuan pendidikan bukan berasal dari satu pihak melainkan butuh kolaborasi dan kerjasama antar berbagai pihak. (ANS)