Terik pagi hari tidak mengurangi semangat para siswa baru dalam menimba ilmu di sekolah baru mereka, yakni SMK Negeri 1Singosari. Mereka datang dengan berbagai wilayah di beberapa daerah di malang hingga Jawa Timur. Upacara Apel pagi penyambutan siswa baru disambut dengan hangat oleh Bapak Sali Rochani selaku kepala sekolah di lapangan sekolah, Senin (16/07/2018).

Bukan hanya itu, para panitia MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) baik dari siswa (OSIS dan MPK) dan tim guru juga menyambut siswa baru kedatangan siswa baru. Di gerbang pintu sekolah baik siswa, guru dan warga sekolah menanamkan 5S (Salam, Sopan, Sapa, Santun, Senyum) kepada siapa saja, sehingga kehangatan di lingkungan sekolah tetap terjaga. 

Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) ini berlangsung selama 6 hari, mulai hari seni hingga sabtu. Adapun kegiatannya meliputi latihan baris berbaris, pemberian motivasi spiritual; pengenalan kelas, jurusan, dan bengkel; pengenalan wirausaha sekolah, pengenalan adiwiyata, dan lain-lain. Kegiatan MPLS ini tentunya sangat mendidik, tanpa adanya unsur kekerasan. Kegaiatan MPLS di SMKN 1 Singosari ini bukan sembarang MPLS, sebab semua kegiatan MPLS ini bersifat edukatif, bermanfaat, dan menyenangkan. Jadi, banyak siswa yang pulang dari kegiatan ini tanpa adanya tekanan dan beban.