Singosari, Kamis (19/7/2018) Sebanyak 213 siswa kelas dua belas dari berbagai jurusan mengikuti tes BUMA di ruang Aula SMK Negeri 1 Singosari, . Tes yang berlangsung selama 2 jam tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pagi dan juga siang.  Tes dari PT BUMA ini merupakan program dari BUMA School.

Program ini merupakan program pendidikan kurikulum yang dikembangkan oleh PT BUMA melalui kerja sama dengan SMK rujukan, salah satunya adalah SMK Negeri 1 Singosari. Dari 213 siswa tersebut akan diseleksi lagi menjadi 60 siswa (30 bagian operator dan mekanik, serta 30 bagian survey. 60 siswa yang lolos tersebut akan ditempatkan di enam titik di Kalimantan, yakni dua daerah di Berau, Tanjung Tabalong, Batu Rajang, Samarinda, dan Muara Teweh

Menurut Bapak Justus selaku Kepada Development Program Kurikulum Analisis Pekerja di PT BUMA, menjelaskan alasan perusahaan BUMA memilih SMK Negeri 1 Singosari untuk menjalankan program BUMA School adalah karena SMK Negeri 1Singosari memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan pihak PT BUMA. Selain itu juga banyak dari para alumni SMK Negeri 1 Singosari yang sudah kerja di BUMA memiliki kualitas kerja yang bagus, sehingga pihak dari PT BUMA merekrut kembali siswa dari sekolah ini.