Singosari, Sabtu (4/8/2018). Menindaklanjuti implemantasi pelaksanaan INPRES No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, SMK Negeri 1 Singosari mengadakan kerjasama dengan lembaga Pendidikan level Perguruan Tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Bentuk kerja sama tersebut berupa pemberian pelatihan Basic Pneumatic And Hidrolic oleh Bapak Dosen Hendro Nurhadi, Dipl.,-Ing.,Ph.D bagi guru produktif (TITL, TOI, TMI, dan TAB).

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (4/08/18) di ruang auditorium SMK Negeri 1 Singosari, diikuti oleh 33 guru produktif tersebut mendapat antusias yang baik dari guru dan kepala sekolah. Dalam sambutannya Bapak Sali Rochani, selaku Bapak Kepala Sekolah mengatakan bahwa “Guru yang porfesional adalah guru yang bisa mendidik siswanya dengan metode yang inovatif dan disesuiakan dengan zamannya. Dengan demikian guru yang bersangkutan harus melek informasi di era digital ini. Industrialisasi sudah berkembang menjadi era 4.0 dimana perpindahan informasi dari satu titik ke beberapa titik hanya dalam hitungan second, jika guru tidak senantiasa mengupgrade ilmunya niscaya akan ketinggalan dengan putra-putri didiknya.

Senada dengan kepala sekolah, Bapak Hendro selaku pemateri mengatakan bahwa SMK Negeri 1 Singosari sudah berada diradar pantauan ITS, dimana lulusan-2 terbaik dari disekolah ini diharapkan menjadi prioritas masuk menjadi bagian kelurga besar ITS karena kegiatan perlombaan IARC (Industrial Automation and Robotic Competiton) yang diselengarakan tahun 2017 juara I diraih oleh siswa SMKN 1 Singosari Kompetensi Keahlian dan menambah khasanah kekuatan lembaga tersebut dalam membina putra-putri terbaik yang ahli dalam ilmu akademis terutama dalam bidang IT dan Robotik.

Dalam penyampaian materinya Bapak Hendro membuka wawasan guru peserta diklat dengan mencontohkan manfaat atau penggunaan ilmu Pneumatik dan hidrolik dalam kegiatan industrial, sebagai contoh: untuk mengangkat dan memindahkan barang harus menggunakan tenaga fluida bertekanan yang dikontrol dan dikendalikan oleh sensor.

Selanjutnya alumnus Doktor dari Univ. of Applied Science Georg-Simon-Ohm Fachhochschule Nürnberg, Germany ini memberikan materi dasar pneumatik dan hidrolik berupa: Control Parameter, Opened Dan Closed Loop Control System, Servo Mechanism, Automation, Integral System, Normally Opened And Closed, Proses Control Dan Yang Terakhir Materi Tentang Aljabar Boolean.

Para peserta menjadi sangat antusias karena serasa dicharge lagi seputar materi pneumatik dan hidrolik karena sangat penting dalam menambah kemampuan dalam kegiatan belajar mengajar tertutama bagi guru yang mengajar mapel Hidrolik system di Teknik Alat Berat” tutur Bapak Sunawi selaku Guru yang mengajar di jurusan Teknik Alat Berat.