Salah satu perusahaan tambang terbesar kedua di Indonesia adalah PT BUMA (Bukit Makmur Mandiri Utama). Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998 ini mempunyai sekitar 10.066 karyawan dan 1851 unit alat berat berbagai merk berkualitas, seperti komatsu, caterpillar, hitachi, Volvo,  dan scania, dan Mercedes. Buma memiliki kantor cabang di Balikpapan, Kalimantan Selatan, dan Tanjung Redeb, serta di Kalimantan Timur. merupakan salah satu perusahaan terbesar pada jasa penambangan batu bara.

PT BUMA tidak hanya memberikan jasa penambangan dan konstruksi kepada beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang batubara, melainkan juga non batubara. Ada enam pelanggan PT BUMA yakni Berau Coal, Adaro Indonesia,Kideco Jaya Agung, Sungai Danau Jaya, Tadjahan Antang Mineral. Anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk ini sebenarnya mulai menjalin kerja sama dengan SMK Negeri 1 Singosari sejak tahun 2006.

Ada tujuh bentuk kerja sama yang akan siap ditandatangai oleh kedua belah pihak, jumat (10/8/18) kemarin di aula SMK Negeri 1 Singosari. Bentuk kerjasama dalam tujuh hal tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, kelas Industri (kelas konsentrasi alat berat dan surveyor tambang). Kelas industri ini dilakukan proses seleksi yang ketat. Ada 48 siswa yang diseleksi dari 213 siswa yang nantinya mengikuti program khusus bernama BUMA School. Kedua, pelatihan guru. Ada pembekalan khusus untuk para guru. Ada 4 guru yang dikirim ke Balikpapan untuk menimba ilmu sesuai dengan kebutuhan mangsa pasar industri yang dibutuhkan. Ketiga, OJT (On Job Training) siswa yang lolos seleksi dalam BUMA School akan mendapatkan beberapa pelatihan dari perusahaan. Keempat, Recruitment Karyawan, tenaga kerja yang diambil ada dua jalur, bisa menempuh jalur SMK maupun jalur sarjana. Kelima, guru tamu, PT BUMA siap mendatangkan guru untuk memberikan ilmu terkait dengan kebutuhan mangsa pasar industry tambang. Keenam, bantuan sarpras dan media pembelajaran. PT BUMA juga memberikan hibah alat produksi sebagai media pembelajaran siswa saat di sekolah, sehingga memudahkan siswa dalam menyerap materi sesuai dengan jurusan yang ada. Pembentukan karakter siswa,

Dalam proses penandatanganan MoU antar kedua belah pihak tersebut, SMK Negeri 1 Singosari menjamu tamu besar mereka dengan sambutan yang istimewa. Mulai dari proses penjemputan, pemberian kalung bunga, hingga diantarkan oleh paskibra saat hendak masuk ke dalam aula, dan penandatanganan MoU sampai proses pemotongan pita sebagai bentuk sah kerja sama dengan PT BUMA. Acara tersebut, didukung dan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Malang, dan Manager Direktur PT BUMA.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Singosari , Bapak Sali Rochani mengatakan bahwa ini merupakan hal yang luar biasa, karena berkat kerjasama ini SMK Negeri 1 Singosari mempunyai amanah yang besar untuk terus mengembangkan potensi potensi siswa dalam bidangnya. Berkat kerjasama ini hubungan antara sekolah dan industri jadi lebih baik. Selain dengan SMKN 1 Singosari, PT. Buma telah melakukan kerjasama dengan beberapa sekolah di seluruh Indonesia, diantaranya SMK Negeri 1 Semarang, SMK Negeri 3 Tanah Grogot, SMK Negeri 2 Cilacap, SMK Negeri 1 Magelang, dan SMK Negeri 1 Blora.

Selain itu, menurut Kristanto, selaku General Manager PT BUMA mengatakan “Alasan kami memilih SMK Negeri  1 Singosari sebagai kerjasama pertama dalam bidang kelas industri, dikarenakan yang pertama, sekolah ini memenuhi syarat untuk bekerjasama mulai dari akreditasi, kualitas guru pengajar, hingga infrastruktur dalam sekolah. Yang selanjutnya, para alumni dari sekolah ini memiliki potensi luar biasa dalam kompetensi keahliannya masing-masing.”