Jumat (4/1) kemarin singosari kedatangan tamu dari SMK Adhikawacana Surabaya. Sekitar 30 orang rombongan berkunjung ke singosari untuk menimba dan sharing ilmu seputar kurikulum, mulai dari implementasi, pengembangan dan inovasi kurikulum. 

Inovasi kurikulum terkait dengan kelas insdutri yang bekerja sama dengan perusahaan ternama, yakni Buma (Bukit Makmur Mandiri utama). Sebagai perusahaan kontraktor tambang batu bara terbesar kedua di Indonesia, BUMA mempunyai salah satu program pendidikan yang sedang dikembangkan yakni buma school. Sistem perekrutan Buma School diambil dari jurusan alat berat, listrik, teknik kendaraan ringan, teknik mesin, belajar menjadi mekanik alat berat, sedangkan jurusan geomatika plus ditambah dengan materi geospasial.

Untuk sementara kelas buma yang telah berjalan diambil dari kelas XII, sedangkan proses kelanjutan diambil seleksi dari kelas XI. Kelas Buma School ini merupakan kelas khusus, setelah lulus langsung siap bekerja di daerah sekitar Kalimantan. Agar setelah lulus siswa kelas XII siap kerja, Buma memberikan materi khusus, dengan mendatangkan pemateri kuliah tamu dari ITS dan materi tambang dari PT Buma.

Acara yang dimulai pukul 08.00 ini dibuka oleh sambutan Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Singosari, Bapak Sali Rochani, dilanjutnya paparan dari waka kurikulum dan staf humas, rombongan SMK adhikawacana mengadakan sesi foto bersama. Adapun kesan mereka setelah berkunjung ke SMKN 1 Singosari adalah ilmu yang didapatkan mampu membantu mereka dalam meningkatkan mutu sekolah mereka.