Singosari, Jumat (10/8/18)  Tender adalah tawaran untuk mengajukan harga, memborong pekerjaan , atau menyediakan barang atau jasa yang diberikan oleh perusahaan swasta besar atau pemerintah kepada perusahaan-perusahaan lain. Cara mendapatan tender dan saling menguntungkan serta cara melelang, dibahas oleh arsitek muda, Bapak Wisnu Urhariadi, di ruang auditorium SMK Negeri 1 Singosari.

Di dalam acara kuliah tamu kiat sukses prosedur pelalangan atau tender membahas tentang manajemen konstruksi mulai dari tahap persiapan, tahap perencanaan, hingga tahap konstruksi perencanaan. Selain itu, juga membahas tentang ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi dalam mengikuti tender atau pelelangan. Ada tujuh hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menyiapkan. Pertama, apakah memiliki kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan? Kedua, apakah mampu melaksanakan kontrak tersebut sendiri atau akan membutuhkan sub kontraktor lainnya? Ketiga, apakah memiliki cukup modal untuk menjalankan pekerjaan yang diminati? Keempat, akankah timbul konflik kepentingan nantinya yang membuat tidak bisa melaksanakan pekerjaan tersebut? Kelima, apakah sudah siap dari segi sumberdaya manusia, peralatan, dan sumber daya lainnya? Apakah proyek tender ini masih dalam lingkup kemampuan Anda dari segi keahlian dan lain-lain? Keenam,  apakah tender ini menguntungkan? Ketujuh, apakah sudah mengerti betul proses dan peraturan tender yang berlaku di perusahaan atau lembaga pemerintah yang menawarkan tender? Kedelapan, apakah ada syarat-syarat khusus lainnya yang diperlukan untuk bisa mengajukan tender?

Acara yang hanya diikuti oleh kalangan guru produktif dari jurusan bangunan tersebut, mendapatkan antusias yang baik dari kalangan peserta. Para peserta serasa me-refresh kembali materi yang didapatkan dulu sewaktu menempuh pendidikan sarjana. Bukan hanya itu, ada pula ilmu baru yang didapat dalam acara kuliah tamu tersebut.” Tutur Bu Ana salah satu peserta.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Subdit Lasjurin DitpSMK. Sebagai bentuk apresiasi, sekolah banyak mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari Subdit Lasjurin DitpSMK, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung lancar.