Salah satu program yang sedang dijalankan SMKN 1 Singosari dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik adalah program magang guru. Program ini dimaksudkan untuk realisasi dar isinkronisasi kurikulum sekolah dengan kurikulum industri, sehingga guru mampu memberikan bekal ilmu kepada siswa sesuai dengan perusahaan inginkan.

Program magang guru atau program link and match ini adalah suatu program kerjasama dengan industri. Beberapa guru yang terlibat dalam program magang guru ini adalah Bu Halimah dan Bu Ardiana (Teknik Pengelasan) di INKA Madiun dan PAL Surabaya, Bapak Mulyono dan Pak Dani (TeknikKndaraan Ringan) di Mitsubitsi Jakarta, Pak Haryono, Pak Mulyono (Teknik Kendaraan Ringan), Bu Sri Sumiati (Teknik Alat Berat), dan Bu Desy (Teknik Instalasi Tenaga Listrik )di PT BUMA Balikpapan, Bu Indah Nursanti (Teknik Pemesinan) di Formosa Technology Center Tangerang, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kemenperin Republik Indonesia.

Program magang guru ini dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu yang industri berikan dengan jangka waktu paling sedikit 2 minggu. Selama pelatihan berlangsung, guru belajar tentang cara mengoperasikan alat sesuai dengan fungsinya, dan memahami cara kerjanya, serta beberapa materi tentang beberapa hal yang dibutuhkan pekerja ketika bekerja di sana. Jika Guru mampu menguasai materi dari perusahaan, maka kompetensi siswa juga akan meningkat. Hal ini juga berpengaruh pada peningkatan keterserapan tenaga kerja saat proses perekrutan. 

Pelaksanaan program magang guru ini  ini juga tidak lepas dari bantuan Subdit Lasjurin DitpSMK dan pihak komite sekolah, sebagai bentuk apresiasi sekolah ingin mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan dukungan sehingga akan memudahkan proses magang guru di perusahaan yang bersangkutan.