Di SMK Negeri 1 Singosari  Badan layanan umum daerah atau yang biasa disebut dengan BLUD mempunyai beberapa program di masing-masing jurusan. Salah satunya di jurusan teknik alat berat sebagai wujud pengembangan potensi siswa dan juga guru, sehingga tugas guru tidak hanya mengajar melainkan menumbuhkan kreativitas siswa di bidang non mekanik  sehingga mampu mencetak generasi bangsa yang kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap usaha yang akan dilakukannya di masa depan nanti.

Ada lima  program yang sedang dijalankan oleh tim jurusan teknik alat berat. yaitu :

Pertama, printer animasi 3D. Printer animasi 3D ini dikembangkan sejak bulan Juli lalu, beberapa produk yang telah banyak laku dipasaran adalah gantungan kunci, stiker timbul, dan lain-lain. Harganya pu tergolong terjangkau kisaran 10.000-20.000, bergantung dengan pemesanan. Jika Anda ingin memesan gantungan kunci sesuai dengan nama juga bisa, atau memesan para pemain catur.

Kedua, pelatihan mengoperasikan unit alat berat yang bekerja sama dengan BLK. Untuk pelatihan in dikategorikan umum bisa diikuti kisaran 150 peserta dengan kurun waktu sebulan(sesuai dengan materi yang diangkat dan disampaikan). Selain itu juga terdapat kursus mengendarai excavator.

Keempat, pemesanan miniature excavator dengan remote control. Untuk pemesanan miniature excavator harga yang ditawarkan berkisar 5-10 juta bergantung dengan kerumitan alat yang dibuat. Kelima, penjualan beberapa hasil karya siswa seperti jam dinding, kaligrafi, aquarium dinding, mahar, lukisan, dan lain-lain juga ditawarkan di dalam program BLUD di jurusan ini. Hasil karya siswa ini merupakan proyek dari mata pelajaran PKK (Program Kreativitas Kewirausahaan) hasil penjualan karya siswa akan dikembalikan lagi ke siswa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan skill siswa dalam berwirausaha atau menelurkan bibit jiwa entrepreneur di usia muda.