Kegiatan pertemuan rutin MGMP Listrik wilayah Kabupaten Malang kembali diadakan. Kali ini diselenggarakan di workshop pneumatic jurusan Otomasi Industri SMKN 1 Singosari (22/05) Rabu kemarin, dihadiri oleh dua tamu dari Kemenperin (Kementrian Perindustrian) yakni Bapak Rido dan Bapak Indra.

Tujuan Kemenperin mengahadiri dalam pertemuan rutin tersebut adalah untuk sosialisasi program link and match dengan salah satu perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Program link and macth ini merupakan salah satu program pemerintah tentang revitalisasi kurikulum SMK dengan perusahaan, sehingga siswa yang lulus SMK mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dengan cara melibatkan guru untuk mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak Kemenperin baik berupa pelatihan guru ke luar negeri atau OJT di perusahaan ternama di Indonesia.

Program ini merupakan program pengembangan kemajuan SMK dalam segi Sumber Daya Manusianya, sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul dan banyak diminati oleh perusahaan. Adapun sosialisasinya meliputi tips jitu agar mampu lolos mengikuti progam pelatihan guru baik dalam maupun luar negeri yakni memenuhi syarat yang telah diberikan, dengan mencantumkan sertifikat TOEFL minimal 450.

Bukan hanya sosialiasasi tentang program pelatihan guru, melainkan juga sosialisasi tentang bantuan alat workshop bagi sekolah yang membutuhkan untuk mengajukan proposal kepada pihak Kemenperin. Dengan begitu, siswa SMK mempunyai kompetensi yang unggul di bidangnya. Selain itu, di dalam pertemuan rutin tersebut juga terdapat sesi sharing peserta yang lolos ikut pelatihan ke Singapura, yakni Ibu Ratna dari jurusan Otomasi Industri SMKN 1 Singosari, memotivasi agar rekan kerjanya mampu mengikuti program pelatihan guru ke luar negeri.