Setelah mengikuti serangkaian yang harus diikuti selaku kelas XII, tidak afdol jika siswa SMK tidak mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan yang harus diikuti seluruh siswa di berbagai jurusan yang ada di SMKN 1 Singosari. Salah satunya adalah jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang diselenggarakan pada (8-13/04) kemarin.

Terdapat dua penilai UKK listrik, yakni Bapak Haris dari PT POMI (Paiton Operation and Maintenance Indonesia). Kedua, yakni dari guru pengajar produktif, seperti Bapak Herman, Sepdiyono, Ibu Desy, Ibu Eni, dan Pak Kus, Ibu Nur Afidah.

Sebelum kegiatan UKK dimulai, terdapat kegiatan pra UKK, tujuannya agar memudahkan siswa dalam mengerjakan soal UKK, sehingga mampu mendapatkan nilai yang sesuai dengan apa yang telah diharapkan. Adapun penilaian UKK terkait dengan dengan ADP (pengecekan tentang proses seorang elektrik enginer sebelum melakukan pekerjaan, seperti mengenakan baju praktek dan beberapa perlangkapan pendukung lainnya), pengecekan alat dan bahan, cara merangkai dan mengoperasikan, sedangkan materi yang diujikan tentang materi instalasi motor, tenaga, dan penerangan.

Menurut Ibu Eni, selaku guru produktif di jurusan teknik instalasi tenaga listrik, harapannya siswa yang telah mengikuti UKK mampu mendapatkan nilai yang terbaik dan bisa diterima di perusahaan yang dinginkan sesuai dengan bidang kompetensi keahlian yang telah dimiliki.