Teknik Otomasi Industri juga mengadakan uji kompetensi keahlian jurusan yang dilaksanakan (8-15/04) di workshop jurusan otomasi industri SMKN 1 Singosari. Hampir sama dengan jurusan lainnya, terdapat pra UKK yang mampu dilakukan siswa di hari Sabtu untuk menambah kemampuanya di bidang yang digeluti.

Ada dua tim assessor UKK teknik otomasi industry, yakni assessor internal dan assessor eksternal. Assessor internal berasal dari guru produktif yang mengajar, seperti Bapak Syamsul, Ibu Ratna, Ibu Sri, Bapak Dodik, sedangkan tim assessor eksternal yakni Bapak Sapanyono Dadang yang berasal dari PT POMI (Phaiton Operation and Maintenance Indonesia).

Adapun materi yang diujikan dalam UKK Teknik Otomasi Industri adalah terkait perancangan, perakitan, hingga pengoperasioan sistem parkir berbasis PLC-HMI. Maksudnya, sistem parkir tidak lagi menggunakan sistem manual yang mengandalkan tenaga manusia untuk mengondisikan agar parkir bisa tertib dan berjalan lancar. Sistem ini justru memudahkan para pengguna jasa parkir, sehingga baik dari pihak pemarkir dan pengguna kendaraan saling memudahkan.

Harapannya, kegiatan UKK ini hasilnya memuaskan dan beberapa lulusan teknik otomasi industry mampu diterima kerja di salah satu perusahan ternama di Indonesia.