LKS (Lomba Ketrampilan Siswa) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. SMK Negeri 1 Singosari telah mewakili Lomba Plastic Die Engineering untuk Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa mulai tahun 2011 sampai dengan sekarang. Di tiap tahunnya alhamdulillah mendapatkan juara dan prestasi yang membanggakan.

Plastic Die Engineering (Mould Making) adalah salah satu bidang lomba termasuk bidang Teknologi dan Rekayasa dimana peserta harus merancang bentuk dan konstruksi mould/ cetakan sehingga menghasilkan product plastic yang diinginkan. Pada bidang lomba/pertandingan ini peserta melakukan proses design mould (pembuatan gambar kerja mould) dengan menggunakan software Autodesk Inventor, design mould dan proses pembuatan pemesinan milling mould dengan menggunakan mesin milling konvensional, serta polishing dengan menggunakan polishing tool.

Sebelumnya di tahun lalu Lomba LKS Tingkat nasional yang diadakan di Solo Jawa Tengah masih mendapatkan prestasi Juara 2 yang diwakili Ananda Rudiawan yang saat ini sudah bekerja di PT.SIS (Saptaindra Sejati).

Untuk tahun ini Lomba LKS bidang Lomba Plastic Die Engineering yang diselenggarakan di Mataram mulai tanggal 6 Mei s/d 12 Mei 2018 Lombok City Center yang diwakili Ananda Muhammad Hafid Miftah Fauzi siswa kelas XII Teknik Pemesinan dan berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional yang dibimbing Indah Nursanti, S.Pd. Setiap tahunnya untuk Training Center (TC) menggandeng perusahaan Moulding di PT. PRIMA SAKTI yang dipimpin oleh BAPAK ADI HANDOYO selama 1 pekan untuk belajar tentang Teknik Polishing, dengan maksud untuk mengevaluasi hasil latihan disekolah. Siswa ini juga mendapatkan predikat lulusan Terbaik di Program Keahlian Teknik Pemesinan Tahun Pelajaran 2017/2018. Semoga ke depannya akan selalu ada siswa yang mengukir prestasi di SMK Negeri 1 Singosari … Amin.

(Kaprog Teknik Pemesinan)